Kenali Penyebab Anyang-anyangan dan Cara Mengatasinya

Posted on

Kenali Penyebab Anyang-anyangan dan Cara MengatasinyaAnyang-anyagan merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan infeksi saluran kemih. Penyakit ini bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu lelaki perempuan ataupun tua dan muda. Dalam keseharian kita anyang-anyangen sering di sebut dengan res-resen.

Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun, gejala berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan.

  1. Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  2. Nyeri atau rasa perih saat buang air kecil.
  3. Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  4. Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  5. Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang bercampur darah.
  6. Merasa lelah dan kurang sehat.
  7. Demam.

Penyebab Anyang-anyangan

Timbulnya berbagai gejala anyang-anyangan tentu saja bukan tanpa sebab. Beberapa faktor dapat memicu timbulnya penyakit anyang-anyangan tersebut. Salah satu penyebab yang paling sering menimbulkannya adalah bakteri yang menginfeksi saluran kemih. Kurangnya kebersihan pada daerah kemaluan dapat mendorong masuknya bakteri E. coli ke dalam saluran kemih. Bakteri tersebut biasanya berasal dari daerah anus atau dubur. Karena pendeknya jarak anus dan kemaluan pada wanita, maka biasanya anyang-anyangan pada wanita banyak disebabkan karena bakteri ini.

Selain itu, saluran kencing wanita juga lebih pendek dibandingkan pria sehingga mempercepat masuknya bakteri tersebut. Kurangnya kebersihan pada celana dalam yang digunakan juga bisa menyuburkan pertumbuhan bakteri tersebut, baik pada pria ataupun wanita. Selain masalah kebersihan, kurangnya asupan air putih juga dapat menimbulkan anyang-anyangan. Kekurangan air tersebut akan diperparah apabila disertai dengan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Anyang-anyangan pastinya sangat mengganggu kita dalam beraktifitas, Terus bagaimana untuk mengatasi nya? ada beberapa cara mengobati anyang anyangan ini.

  1. Jika anda mengobati anyang-anyangan dengan jalur medis, anda akan diobati menggunakan obat antibiotik. Berbagai jenis obat antibiotik dipercaya bisa digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih.
  2. Jika mengobati dengan cara alami bisa menggunakan buah cranberry telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan tingkat tinggi akan antioksidan pada buah cranberry yang disebut proanthocyanidins yang dapat membantu dalam mengurangi adhesi bakteri tertentu ke dinding saluran kemih, yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi terjadinya infeksi saluran kemih (ISK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *